Sunday, September 26, 2010

Peralatan Dapur dari Gerabah

Gerabah tanah liat yang hampir tersingkir oleh kemajuan jaman.

Penggunaan gerabah atau tembikar sebagai peralatan dapur saat ini hampir dapat dipastikan telah ditinggalkan sebagian besar masyarakat modern. Kerajinan yang terbuat dari tanah liat melalui sentuhan tangan-tangan terampil ini setidaknya pernah populer sebagai peralatan dapur.

Dulu orang menyimpan air di dalam kendi yang nyata-nyata airnya terasa lebih segar seperti air es. Menghaluskan bumbu dengan lemper dan menurut orang masakan yang bumbunya dihaluskan dengan lemper tanah liat ini rasanya lebih nyerep dan mantheb. Dan masih banyak lagi peralatan dapur yang terbuat dari gerabah ini yang sebenarnya menurut kebanyakan orang menghasilkan cita rasa atau "taste" yang unik dari setiap sajian yang pengolahannya maupun penyajiannya melibatkan gerabah.

Nah berikut gerabah-gerabah tanah liat yang saya foto langsung dari Pacitan - Jawa Timur. Ok.., cekidot Gan..!

tembikar untuk masak

peralatan dapur gerabah

gerabah tradisional

gerabah pacitan
Gerabah-gerabah itu dijual dengan harga yang sangat murah, antara 1000 rupiah sampai 30.000 rupiah tergantung jenis dan ukurannya.

Bagi Anda yang belum pernah masak pakai gerabah, boleh nih dicoba dan rasakan sensasinya... mak nyuuuuzz... yummiee... :)

No comments:

Post a Comment